Sakit Perut

in hive-193562 •  last month 

2516253659.jpg


Source

Sobat, penyebab sakit perut dan jenis-jenisnya itu banyak sekali. Dan sakit perut itu bisa menyerang semua. Dari orang tua, muda, kecil, sampai bayi.

Biar anda gak bingung, saya akan kupas satu-satu.

Sobat, kalian pasti pernah mengalami sakit perut kan ? Bisa terjadi setelah menyantap kuliner pedas, asam, sampai ada yang menyebutnya masuk angin.

Ya, istilah cukup populer memang. Masuk angin itu saat terjadi penumpukan gas di dalam perut, hingga menyebabkan nyeri, sering buang angin, hingga diare. Tapi, anda perlu paham ini, karena banyak juga kesalahpahaman tentang gangguan tersebut.

Dari segi medis, sebenarnya tidak ada istilah masuk angin.

Kalau kita makan, sebenar kan pada saat kita makan atau minum, ada gas yang masuk, udara yang masuk. Kalau kita makan sambil berbicara, sambil tertawa, semakin banyak lagi gas yang masuk. Kemudian ada beberapa makanan juga memang kalau sudah dicerna memproduksi gas yang lebih banyak. Ada kondisi juga penyakit-penyakit tertentu yang memang menyebabkan pergerakan usus atau pergerakan lambung itu menjadi lebih lambat dari seharusnya. Itu juga yang bisa menyebabkan keluhan kembung, atau cepat kenyang.

Nggak cuma itu, kesalahpahaman juga terjadi dalam hal penanganan. Banyak orang yang melakukan kerokan saat masuk angin. Padahal nggak ada hubungan masuk angin dan kerokan.

Kerokan adalah menggosokan punggung hingga menyebabkan warna kulit menjadi merah. Padahal kerokan menyebabkan pori-pori kulit menjadi terbuka dan rentan di masuki virus dan bakteri. Semakin sering kerokan, semakin besar potensi bakteri dan virus masuk ke tubuh.

Nah, gejala masuk angin itu juga suka mengintai anda, ketika sistem imun tubuh kita sedang menurun. Selain penumpukan gas, sakit perut yang banyak di derita orang yaitu mag.

Nah, anda sudah tau sebelumnya belum tentang mag ? Waspada sobat, penyakit ini bisa sampai tahap akut.

Ada beberapa hal yang dapat memicu penyakit mag. Diantaranya adalah pola makan tidak teratur, sering mengkonsumsi makanan pedas, kelebihan berat badan, hingga stress.

Teman saya yang satu ini adalah salah satu pengidap mag kronis.



IMG_20210115_084608.jpg

Sejak Sekolah Dasar ia sudah mengalami mag. Saat kambuh, bisa sampai UGD. Penyakitnya biasa kambuh saat sesudah makan-makanan tertentu.

Lama hidup dengan penyakit mag kronis, membuatnya ekstra hati-hati menjaga pola makan. Yang pasti tidak boleh telat makan, atau lewat dari jam makan, itu jangan. Di usahakan tepat waktu, misalnya kayak sarapan, tepat dari jam 8. Yang ringan-ringan dulu, misalnya biskuit. Tapi ada juga kadang-kadang kalau misalnya di lihat dulu mau beli biskuit kandungan raginya kan kadang-kadang gak tahan sama ragi, kan. Jadi kalau roti, biskuit atau apapun yang berbahan ragi, coba dihindari dulu.

Sobat, ada yang mengidap sakit mag ? Apakah bisa sembuh total gak sih sakit mag itu ?

Yang paling penting adalah mengatur pola hidup yang sehat, termasuk pola makan. Jadi, pada dasarnya makan itu harus teratur. Jamnya sebenarnya tidak ada patokan, harus jam berapa kita makan, tapi polanya teratur. Kemudian jumlah makanannya itu semua berprotein tinggi, jumlahnya kecil, tapi lebih sering.

Semoga bermanfa'at.

By @midiagam

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Beware this is a fake account of @saifmmc , @ana07