Dokter

in hive-193562 •  last month 

doctor-5625054_1280.webp


Source

Dokter adalah orang yang membantu menyembuhkan orang yang sakit. Untuk menjadi orang yang berguna bagi banyak orang adalah salah satunya bisa menjadi Dokter.

Dokter sendiri mempunyai nilai pekerjaan sosial yang tinggi, karena berkaitan dengan orang banyak. Dan rasanya pasti sangat menyenangkan bisa membantu orang banyak. Banyak alasan seseorang untuk menjadi Dokter, tapi yang paling penting adalah harus punya jiwa sosial yang tinggi dan niat baik untuk membantu sesama dan menolong orang lain.



doctor-1807475_1280.webp
Source

Ada banyak Dokter, salah satunya adalah Dokter umum. Apa itu Dokter umum ? Dokter umum adalah Dokter yang dapat dijumpai pertamakali memberikan pertolongan pada berbagai macam penyakit.

Buat teman-teman yang ingin menjadi Dokter, pertama-tama kalian harus suka membantu orang, suka menolong orang. Lalu untuk SMA nya, kalian harus bisa di jurusan IPA, harus bisa biologi, harus bisa kimia, harus bisa fisika juga. Dan beberapa mata pelajaran lainnya harus dapat dijalani dengan baik, lulus nilai baik.

Setelahnya harus masuk ke Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran itu cukup lama, karena lulusnya beda sama teman-teman yang lainnya dari Fakultas yang lain. Karena ilmu yang diberikan cukup banyak, dan ada prakteknya, disebut dengan waktu pelajarannya KOAS.

Kemudian waktu pendidikan kuliah, memerlukan Doktertrasi dan niat belajar, fokus belajar yang baik. Karena cukup berat, kemudian butuh konsentrasi tinggi, dan siap menghadapi ujian-ujian yang banyak.

Untuk menjadi Dokter, ada beberapa yang harus kamu ikuti. Yang pertama adalah kamu harus lulus dari SMA dengan jurusan IPA. Kemudian kamu harus masuk ke Fakultas Kedokteran. Fakultas Kedokteran melewati beberapa tahap. Yaitu yang pertama adalah kamu harus lulus menjadi Sarjana Kedokteran yang membutuhkan kuliah 3 setengah, sampai 4 tahun. Setelahnya kamu masuk menjadi KOAS.

KOAS adalah waktu dimana kamu mempraktekkan ilmu yang kamu dapat sewaktu kuliah di Rumah Sakit. Di sini kamu akan menjalani praktek-praktek sebagai seorang Dokter. Misalnya ketemu dengan pasien di poli klinik, merawat, ikut ke dalam ruang operasi, dan juga sampai dengan membantu melahirkan di ruang bersalin.

Setelah selesai di KOAS, kurang lebih 1 setengah sampai 2 tahun, kamu masuk ke Internstext- Disini kamu sudah menjadi seorang Dokter, dan bertugas di Rumah Sakit, yang mempraktekkan ilmu-ilmu yang sudah kamu dapat dari waktu kuliah, dan KOAS. Setelahnya kamu sudah listen sebagai seorang Dokter, yaitu STR, Surat Tanda Registrasi sebagai Dokter Umum.

Setelah itu kamu sudah berpraktek. Boleh dimana saja. Boleh di klinik, di Rumah Sakit, praktek sendiri di rumah juga boleh. Ataupun di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan profesi Dokter.

Setelah menjadi Dokter Umum, kamu masih bisa melanjutkan pendidikan kuliah di Dokter spesialis, maupun Dokter yang mengambil S2 atau magister di bagian manajemen kesehatan, ataupun untuk di Rumah Sakit. Misalnya kalau kamu berminat ke Dokter spesialis, yang pasti kamu harus mengambil bagian yang kamu suka sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Banyak sekali jurusan-jurusan menjadi Dokter spesialis. Misalnya menjadi Dokter spesialis anak, penyakit dalam, Dokter bedah yang operasi-operasi, ataupun Dokter kandungan yang membantu ibu hamil. Bisa juga di Dokter yang rehabilatsi medis yang membantu orang mempunyai fungsi hidup lebih baik.

Sedangkan untuk mengambil S2, menjadi magister Dokter yang manajemen kesehatan. Bisa juga yang manajemen untuk mendalami manajemen Rumah Sakit. Atau juga mendalami mengenai kesehatan masyarakat. Disini kamu bisa belajar lebih banyak mengenai kesehatan yang berkaitan dengan masyarakat.

Kemudian banyak juga pelatihan-pelatihan yang bisa kamu ambil sebagai Dokter umum. Disini kamu mendapatkan self tertentu yang menjadikan kamu Dokter umum yang lebih baik dibandingkan yang lainnya.

Sebagai Dokter umum, kalau kamu tidak mau paktek di Rumah Sakit, atau tidak mau praktek di fasilitas kesehatan, atau perusahaan lain. Kamu masih bisa tetap praktek di rumah. Dengan praktek di rumah, kamu bisa menjadi Dokter keluarga, yang menjadi rujukan untuk orang-orang di sekitar rumah kamu.

Untuk anak Indonesia, yang pasti kalian harus belajar dengan giat. Untuk menjadi Dokter, kamu harus punya tekad kuat, niat yang besar, harus rajin belajar. Dan yang pasti suka menolong, dan membantu orang banyak.

Untuk kamu anak-anak Indonesia yang mungkin sedang membaca tulisan ini, percayalah berbuat baik selalu datang kebaikan untuk kamu juga. Dan kamu harus berbuat baik untuk semuanya. Kamu ketemu siapapun, dengan profesi apapun, dengan karena apapun, usia berapapun, kalian harus tetap menjadi orang yang baik, karena kalian akan mendapatkan hal-hal yang baik juga.

Mungkin itu dulu dari saya, terimakasih sudah membaca.

Semangat menjadi Dokter, semoga tulisan ini dapat menjadi inspirasi kamu menjadi Dokter umum yang baik.

Sampai jumpa lagi.

By @midiagam

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Beware this is a fake account of @saifmmc , @ana07