Sejarah Isra' Mikraj, Rasulullah SAW

in hive-193562 •  2 months ago 

peringatan-isra-miraj.jpg


Sumber Gambar

Hari ini umad Muslim di Indonesia memperingati Isra' Mikraj. Hari yang penting dalam sejarah umad Muslim, karena pada hari inilah Nabi Muhamnad SAW, diperintahkan untuk menjalankan ibadah shalat. Karena ini juga lah sahabat steemian harus tau ya, apa dan bagaimana sejarahnya Isra' Mikraj ini ada.

Isra' Mikraj, adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW, dari Masjidil Haram, di Mekkah, ke Masjidil Aqsa di Palestina, atau Isra'. Kemudian dilanjutkan menuju langit ke tujuh dan Siratul Muntaha atau Mikraj, dengan tujuan menerima Wahyu dari Allah SWT.

Peristiwa Isra' dan Mikraj ini terjadi pada tanggal 621 Masehi, yaitu dua tahun setelah wafatnya istri Rasulullah SAW, Siti Khadijah, dan paman Rasulullah SAW, Abu Thaleb.

Peristiwa Isra' Mikraj ini dimulai saat Rasulullah SAW, yang sedang tertidur di Hijar, didatangi oleh malaikat Jibril. Kemudian malaikat Jibril mengajak Rasulullah menuju pintu Mesjid, dimana di pintu tersebut sudah disediakan seekor binatang putih bernama Buraq. Yang berbentuk seperti peranakan kuda dan keledai, dengan sayap di sisi tempat menggerakkan kakinya.



Pegasus.jpg
Sumber Gambar
Gambar: Ilustrasi

Setelah itu Rasulullah dan malaikat Jibril pun menaiki Buraq, untuk selanjutnya pergi ke Masjidil Aqsa.

Setibanya disana, Rasulullah dan malaikat Jibril memasuki Mesjid. Tidak disangka, ternyata disana Beliau bertemu dengan beberapa Nabi, yang diutus oleh Allah SWT. dipertemuan itu, Rasulullah pun menunaikan shalat sebanyak 2 raka'at, dan menjadi imam dengan bimbingan malaikat Jibril.

Kemudian perjalanan pun dilanjutkan dari Masjidil Aqsa menuju langit ketujuh, dengan mengendarai Buraq, yang menggerakkan sayapnya ke atas.

Bersama malaikat Jibril yang kini menampakkan wujud aslinya, Rasulullah mikraj melampaui ruang dan waktu. Disana, Ia bertemu kembali dengan Nabi yang shalat bersamanya di Masjidil Aqsa. Setelah itu Rasulullah juga melihat bagaimana wujud surga dan neraka dalam perjalanannya melewati pintu langit tersebut. Hingga akhirnya, sampai Beliau di Siratul Muntaha, tempat yang luar biasa indah, yang bahkan keindahannya tidak bisa diwakilkan dengan kata-kata.

Pada saat itu, Rasulullah berjumpa dengan Allah SWT, yang kemudian memerintahkan Rasulullah untuk melaksanakan shalat sebanyak 50 waktu, dalam waktu sehari semalam. Rasulullah pun akhirnya turun kembali, namun ketika tiba di langit ke enam, Beliau bertemu Nabi Musa.

Disana, Nabi Musa meminta agar Rasulullah meminta keringanan. Beliau pun kemudian naik kembali untuk bertemu Allah SWT. Dan setelah beberapakali bolak-balik bertemu Nabi Musa dan Allah SWT, akhirnya perintah shalat itupun dikurangi menjadi 5 waktu saja dalam sehari semalam.

Peristiwa itulah yang menjadi sejarah dan asal usulnya aturan shalat dalam ajaran agama Islam yang dibawa Rasulullah.

Salam

@fackrurrazi

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!