Inilah Stadion Kebanggaan Jakarta || Jakarta International Stadium

in hive-193562 •  2 months ago 

images.jpeg


Sumber Gambar

Proyek pembangunan Jakarta International Stadium, di Jakarta Utara, terus berjalan. Hingga kini perkembangan pembangunan hampir 50% dari perjalanan stadium megah, yang akan menjadi kebanggaan Indonesia itu.

Pembangunan Jakarta International Stadium ini dikerjakan oleh PT. Jakarta Propertindo, atau Jakpro, yang menelan biaya hingga 4,5 Trilyun Rupiah. Dan itu ditargetkan akan rampung pembangunannya pada akhir tahun 2021.

Jakarta International Stadium ini di bangun di atas lahan seluas 221 meter persegi, yang berada di wilayah Sunter, Jakarta Utara. Dan nantinya setelah rampung di bangun, stadion ini diperkirakan bisa menampung hingga 82.000 penonton. Stadion ini akan menjadi markas dari klub sepakbola Persija.

Jakarta International Stadium (JIS) dirancang menjadi Stadion berkelas dunia dan mempunyai berbagai fungsi. Mulai dari tempat menggelar laga sepakbola, tempat mercendais, maupun retail, hingga tempat pertemuan.



5d5fee98f0ae7.jpg
Sumber Gambar

Stadion yang diperkirakan bisa menampung 82.000 penonton, akan dilengkapi dengan atap buka tutup secara otomatis pertama di Indonesia, serta terdapat skyview indeks di ketinggian 70 meter.

Fasilitas lapangan latih yang memiliki luas bentang 105 kali 68 meter, yang diklaim merupakan standar dari federasi sepakbola dunia FIFA.

Inilah salah satu keunggulan ataupun keistimewaan yang dimiliki oleh Jakarta Internasional Stadium. Ada dua buah lapangan latih, dengan luas 105 kali 68 meter persegi, dan menggunakan rumput kualitas terbaik, Rungkut Hybrid, yang merupakan kombinasi dari rumput sintetis, yang diimpor langsung dari Italia.



031779400_1603446249-Foto_01.webp
Sumber Gambar

Dan juga rumput natural yang ditanam dengan menggunakan media pasir. Jambi rumput ini diklaim bisa memberikan kenyamanan bagi mereka para pemain nantinya akan menggunakan fasilitas lapangan latih. Karena memiliki ketahanan pemakaian, hingga mencapai 1.000 jam ini memiliki lebih lama dibandingkan biasanya yang hanya mencapai 320 pemakaian ketahanannya. Dan selain itu lapangan Ati ini juga didukung oleh penerangan standar FIFA, yang juga informasinya bahkan tidak bisa menimbulkan bayangan. Selain itu lapangan Ati ini juga dilengkapi dengan fasilitas Tribun ruang ganti toilet dan juga shower.

Sementara itu lahan parkir di area utama mampu menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP nantinya diperuntukkan untuk para pemain sepakbola, dan 100 bus di lahan parkir.

Inilah keunggulan dan keistimewaan lain dari Jakarta Internasional Stadium, dengan konsep atas yang sama dengan ada di Jeddah Tower, maupun Bandara King Abdul Aziz.

Atap yang ada di Jakarta Internasional Stadium ini memiliki beban mencapai 5.000 ton, yang akan diangkat menggunakan metode heavy lifting. Dan ini rencananya juga akan mencatatkan rekor terbaru di Indonesia, dengan beban terberat dan rangka terpanjang mencapai lebih dari 100 meter. Tribun yang sendiri juga ada sembilan lantai Tribun yang setara dengan 25 lantai Office Tower.

Seluruh komponen fisik yang terpasang di Jakarta International Stadium berstandar dunia. Stadion ini juga merupakan Green building yang berstandar platinum grade. Mulai dari ground breaking yang diawasi langsung oleh FIFA dan juga Green building community.

Semoga Jakarta International Stadium, bisa menjadi fasilitas arena tanding, maupun juga berlatih untuk kepentingan negara menghasilkan atlet berprestasi mancanegara.

Mari kita jaga bersama fasilitas ini, Jakarta International Stadium

Best Regards

@fackrurrazi

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!