6 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Bangun Tidur

in hive-193562 •  2 months ago 

bangun-tidut-700x375.jpg


Source Image

Bangun tidur memang merupakan nikmat yang tidak ada bandingannya ya. Bagaimana tidak, ketika bangun dari tidur, artinya kita masih diperbolehkan untuk kembali menghirup udara segar dan menjalani aktifitas seperti biasa. Maka pagi hari dapat jadi momentum yang tepat untuk mengucapkan syukur kepada Allah SWT, karena dengan rahmatNya, kita masih diberi kesempatan untuk hidup di dunia ini.

Ketika di pagi hari banyak orang bermalas-malasan untuk bangun dari tempat tidurnya, misalnya banyak yang langsung mengecek ponselnya ketika bangun, atau malah memutuskan untuk tidur lagi dan bangun lebih siang. Padahal ketika bangun, sebenarnya banyak aktifitas yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pahala.



IMG_20210315_100530.jpg

Pagi ini saya mau memberikan informasi tentang 6 hal yang selalu dilakukan oleh Rasulullah, setiap kali Beliau bangun tidur. Selain bernilai ibadah, juga tentu dapat menyehatkan tubuh. Lalu apa saja yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, ketika bangun di pagi hari ? Ini dia.

Pertama, mengusap wajah dengan tangan. Ya, hal pertama yang harus kita ikuti dari Rasulullah, ketika bangun tidur di pagi hari adalah mengusap wajah kita dengan tangan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rasa kantuk kita. Seperti yang diceritakan Ibnu Abbas Radiahu Anhu.

Kemudian ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah Shallahu 'alaihi wasallam bangun, kemudian Beliau duduk. Lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya. (HR. Ahmad)

Kemudian sunnah yang kedua adalah membaca doa bangun tidur. Membaca doa merupakan amalan yang dianjurkan dalam Islam sebelum atau sesudah melakukan sesuatu. Membaca doa setelah bangun tidur juga menandakan bahwa kita selalu bersyukur kepada Allah SWT, atas nikmat dunia yang diberikan kepada kita. Ayo, pagi ini kalian sudah baca doa bangun tidur belum ? Kalau belum, yuk kita baca sama-sama.

Alhamdulillaahil Laadzii Ahyaana Ba'da maa aamtanaa Wa Ilaihin Nusyuur

Yang artinya, segala puji bagi Allah SWT yang menghidupkanku dan mematikanku, dan kepadaNya lah kita dikembalikan.

Lalu yang ketiga adalah membaca 10 ayat terakhir Surat Ali Imran, tepatnya mulai ayat berikut.

innafilkhauskis samawati wal arzi wahdila fiillaili wannahari la ayya til fil albab

Yang artinya, sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (QS. Ali-Imran ayat 190)

Sunnah selanjutnya yang dilakukan oleh Rasulullah ketika bangun tidur adalah bersiwak. Siwak merupakan nama untuk sebuah kayu yang digunakan untuk menggosok gigi. Jika pada zaman sekarang, bersiwak berarti menggosok, membersihkan gigi dengan menggunakan sikat gigi pada umumnya. Tujuannya tentu saja untuk membersihkan gigi dan menghilangkan kotoran pada gigi, serta menjaga kebersihan mulut, seperti yang tertulis dalam riwayat Bukhari dan Muslim.

Apabila bangun dari tidur di malam hari, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, menggosok gigi dengan siwak
(HR. Bukhari dan Muslim)

Sunnah yang kelima adalah membersihkan hidung. Caranya adalah memasukkan air kedalam..hidung dengan cara disedot, ataubb istinsya', dan mengeluarkannya atau istinsar. Setelah bangun tidur, kita dianjurkan melakukan hal ini sebanyak 3 kali, untuk membersihkan rongga hidung kita, karena ketika manusia tidur, setan menginap di lubang hidungnya. Seperti yang diceritakan dalam hadist berikut ini.

Apabila kalian bangun tidur, maka bersihkan bagian hidung tiga kali, karena setan bermalam di rongga hidungnya.
(HR. Bukhari dan Muslim)

Dan sunnah yang terakhir adalah membasuh kedua tangan sebanyak tiga kali. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam.

Apabila kalian bangun tidur, maka janganlah dia mencelupkan tangannya kedalam wadah, sebelum dia mencucinya 3 kali. Karenav dia tidak mengetahui dimana tangannya semalam berada. (HR. Bukhari dan Muslim)

Itu dia 6 sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, yang harus kita tiru ketika bangun tidur. Biasanya apabila Rasulullah bangun dari tidurnya, Beliau melanjutkannya dengan membaca ayat suci Alqur an, serta memuji kebesaran Allah SWT.

Kehidupan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, telah membuktikan bahwa setiap amalan yang dilakukan dalam sehari semalam adalah suatu bentuk ibadah. Untuk itu, sudah sepantasnya kita sebagai hamba Allah SWT, menaati perintahNya dan mengikuti anjuran Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam. Dengan begitu, semoga kita semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT, Amin ya Rabbal a'lamin.

Salam

@fackrurrazi

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!