Masa Awal

in hive-193186 •  last month 

Masa Awal Holosen di situs Bukit Kerang Pangkalan terdapat fragmen kerangka manusia dengan bekal kubur dan taburan hematit. Kerangka manusia dimaksud, dikuburkan di dalam timbunan cangkang moluska dan masih menunjukkan posisi terlipat, yaitu bagian lutut mendekati dada, sehingga disebut dengan setengah terlipat. Selain kerangka itu ditemukan juga sisa fragmen tengkorak manusia yang dipenuhi dengan hematit. Warna merah pada hematit kemungkinan dikaitkan dengan kepercayaan akan adanya kehidupan setelah mati, sehingga warna hematit yang merah tersebut dapat dibandingkan dengan kepercayaan asli masyarakat Indonesia, yang menganggap bahwa merah adalah warna yang melambangkan kehidupan (kehidupan baru).

Di Situs Loyang Mendale juga ditemukan kerangka dari lima individu manusia dalam posisi terlipat, setengah terlipat dan terlipat penuh. Tiga dari kerangka manusia tersebut posisinya terlipat, yaitu terlipat hanya bagian tulang tibia dan fibula saja, sehingga sejajar dengan femur. Dua lagi posisinya setengah terlipat yaitu dengan melipat lutut ke arah dada. Dua kerangka yang terlipat hanya pada bagian tulang tibia dan fibula sehingga sejajar dengan femur.

Seluruh kerangka tersebut terindikasi bahwa hanya kerangka yang terlipat saja yang memiliki lubang kubur berbentuk oval, sedangkan yang lainnya tidak diketahui bentuk lubang kuburnya. Selain itu kubur terlipat dengan ditutupi batuan boulder hanya ditemukan sebuah di Situs Loyang Mendale. Posisi keseluruhan tengkorak manusia di situs ini menengadah. Di situs ini juga ditemukan cukup banyak fragmen tulang manusia yang terbakar, Kerangka manusia ini berasal dari masa Awal Holosen dengan budaya Hoabinh, sedangkan kerangka yang lainnya merupakan sisa aktivitas dari masa Neolitik dengan budaya Austronesia.

[WhereIn Android] (http://www.wherein.io)

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

This post has been rewarded by the Steem Community Curation Project #wherein

昨天明明把手机放在桌上,今天又找不到了 ( ˘︹˘ )
咦?你是谁?我又是谁?
加入我们微信群没?还没的话赶快加我们瓜子老板。很帅的 iguozi <(^,^)>

Ha recibido un voto a favor de la comunidad WHEREIN, impulsada por STEEMIT INC. Gracias por usar WHEREIN

Terimakasih Sudah Menggunakan WhereIn, Postingan Anda Terpilih Untuk Mendapatkan Upvote Dari WhereIn Dan Di Dukung Oleh Steemit.inc !