Siapa Bilang, Donor Darah Menakutkan

in hive-159906 •  2 months ago 

Pertama saya takut mendengar nama jarum. Waktu saya bayangkan rasa sakit jarum yang menusuk ke dalam kulit. Itu berawal ketika sahabat saya lagi terkena musibah dan orang tuanya sakit dan memerlukan transfusi darah Golongan A+. Pada saat ini saya tidak tahu golongan darah apa. Karena orang tua sahabat saya sudah saya anggap sebagai keluarga sendiri, saya memberanikan diri pergi untuk melakukan cek golongan darah ke Unit Donor Darah terdekat di daerah saya dan golongan darah saya alhamdulillah sama dengan orang tua sahabat saya.


IMG_20170715_011210.jpg


IMG_20170715_011228.jpg


Setelah karyawan Unit Donor Darah melakukan cek golongan darah, lalu dilakukan cek pemeriksaan lanjutan apakah tensi darah saya mencukupi. Tahap demi tahap saya lalui, dan semua berjalan dengan lancar. Akhirnya sampai pada tahap untuk pengambilan darah. Ketakutan menghantui ku lagi, karena teringat lagi dengan jarum. Tapi lahan perlahan ketakutanku kupendam, mengingat yang akan aku bantu merupakan orang tua dari sahabat akrabku.

Yang aku anggap sakit sakit waktu ditusuk dengan jarum, padahal tidak seberapa. Hanya seperti di gigit oleh semut. Lebih kurang 10 menit, kantong darah terisi penuh. Selanjutnya darah yang sudah saya transfusi di periksa di laboratorium Unit Donor Darah, apakah darah saya terjangkit penyakit menular atau tidak dan alhamdulillah setelah diperiksa di laboratorium darah saya dapat di pakai dan bisa di transfusi kepada orang tua sahabat saya sendiri.


IMG20170620224602.jpg


IMG20170620223704.jpg


Tanpa terasa sudah 32 kali saya mendonorkan darah, yang dulunya saya takut dengan jarum suntik. Tapi sekarang menjadi aktifitas rutin saya kalau sudah sampai 2,5 bulan saya akan ke Unit Donor Darah dan mendonorkan darah secara sukarela.

Cukup banyak manfaat yang saya dapatkan selama saya menjadi pendonor darah rutin, diantaranya pemeriksaan kesehatan rutin secara gratis,menurunkan resiko kanker, meningkat produksi darah, menurunkan kolesterol, dan masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapatkan. Ditunggu apa lagi, kalau memang sahabat stemians berjiwa kemanusiaan bisa datang lansung ke Unit Donor Darah PMI terdekat. Sekantong darah anda, dapat menyelamatkan beberapa nyawa orang lain.


IMG20170327124233.jpg


Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!