Mahar Dalam Pernikahan

in hive-159906 •  2 months ago 

Pernikahan atau perkawinan merupakan akad antara seorang laki-laki dan perempuan atas dasar suka sama suka yang ingin merubah status dari lajang dan menghalalkan pergaulan antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim, serta melahirkan hak dan kewajiban menurut hukum agama islam. Dasar hukum pernikahan atau perkawinan berdasarkan Al Qur’an dan Hadits adalah sebagai berikut :

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan- Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir”. (Q.S. Ar-Ruum : 21)


Cara-memilih-dan-membeli-cincin-pernikahan-atau-cincin-perkawinan-kawin.jpg


Source Picture


Dalam islam hukum perkawinan wajib jika orang yang mau menikah mempunyai kemampuan untuk menikah dan jika tidak menikah akan melakukan perbuatan zina. Haram jika orang yang mau menikah tidak ada kemampuan dan sangat dikhawatirkan jika menikah bisa mengelantarkan anak istri dan haram menikah dengan muhrim. Sunnah jika orang yang mau menikah mempunyai kemampuan dan jika tidak menikah tidak akan melakukan perbuatan zina. Makruh bagi orang yang mempunyai kemampuan menikah tetapi orang tersebut sanggup menahan zina dan tidak mempunyai keinginan untuk menikah. Mubah bagi orang yang mempunyai kemampuan untuk menikah dan mampu tidak akan melakukan zina tetapi pernikahannya hanya untuk kesenangan atau memperlihatkan kepada orang lain saja.


IMG20170717120102.jpg


Persoalan yang terjadi di dalam kehidupan sekarang kenapa banyak kaum adam masih betah sendiri adalah pertimbangan mahar atau mas kawin. Sudah jadi rahasia umum kalau mahar di Aceh untuk meminang seorang perempuan bukan sedikit, tetapi menjadi penghalang untuk seorang laki-laki untuk meminang perempuan yang meminta mahar yang tinggi dari penentuannya bisa dilihat dari latar belakang keluarga, latar belakang pendidikan dan masih banyak pertimbangan lainnya untuk mempengaruhi besarnya mahar yang harus disediakan oleh pihak laki-laki. Mahar untuk di Aceh paling sedikit 10 manyam, ada juga yang sampai 30 manyam. Harga 1 manyam emas di Aceh 2,4 juta, coba dikalikan 10 manyam yang berarti 24 juta, itu mahar paling sedikit. Belum lagi pihak perempuan meminta uang hangus atau uang kasih sayang yang diberlakukan di beberapa daerah yang tersebar di Aceh, cincin tunangan, seserahan tunangan, seserahan respsi, dan biaya resepsi.


IMG20170717120931.jpg


Di dalam hukum Islam sendiri mahar atau mas kawin bukan di jadikan pertunjukan atau pameran kepada khalayak ramai. Karena mahar atau mas kawin di agama islam untuk memuliakan wanita dan untuk melihat kesungguhan laki-laki terhadap wanita yang dicintai. Jika laki-laki tersebut mencintai wanita pilihannya, dia akan menyanggupi nilai mahar atau mas kawin walaupun laki-laki tersebut ekonominya pas-pasan.


IMG20170717121124.jpg


Bila mau meminang anak perempuan, maka harus banting tulang untuk mencari rezeki. Jangan hanya mengandalkan kekayaan orang tua. Malu rasanya menikmati penghasilan orang tua untuk membangun rumah tangga kita. Sedikit apapun penghasilan kita dapatkan, maka kita sisihkan kalau memang mencintai wanita yang kita dambakan. Saya sempat mengutip sebuah pepatah "berakit-rakit dahulu, berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!