Biarpun Kecil, Tetapi Membahayakan

in hive-159906 •  2 months ago 

Kesehatan sangat penting bagi setiap makhluk hidup, karena dengan sehat kita dapat melakukan segala aktifitas dengan baik. Umurku masih muda di antara pada Stemians lainnya, kira-kira hampir menginjak 33 Tahun.


IMG20170710182314.jpg


Aku sudah mengenal dan menghisap rokok semasa kelas 3 SMP, kalau di hitung hampir 15 tahun. Saya mengenal rokok karena di ajak sama kawan untuk merokok dan lama kelamaan ketagihan. Setelah saya analisa tidak ada manfaat merokok, malah merugikan. Kenapa saya berani mengatakan merugikan, yang pertama merugikan kesehatan dan merugikan isi dompet atau ekonomi.


IMG20170710182333.jpg


Tetapi ada untung rokok, siapa yang di untungkan disini yaitu pabrik yang memproduksi rokok dan pemerintah yang menerima pajak dari rokok. Kalau tidak menguntungkan, malah dari dulu pabrik rokok di tutup. Sekarang semakin banyak produk rokok yang beredar di pasaran.

Dari tahun ke tahun perokok yang ada didunia semakin bertambah, dari anak kecil, dewasa, orang tua bahkan perempuan. Rokok bukan saja membahayakan perokok aktif tetapi bisa membahayakan perokok pasif (orang yang berada di sekeliling orang merokok) akan terkena dampak dari bahaya rokok.


IMG20170710182319.jpg


Dampak dari bahaya merokok membuat kita cepat tua, kulit kering atau pucat seperti tidak terawat. Bayangkan coba bagaimana bahaya merokok. Dalam beberapa tahun terakhir bungkusan rokok sudah ada pesan bahaya merokok diantaranya "Merokok Dekat Anak Berbahaya Bagi Mereka", tetapi masih banyak dan bertambah orang yang merokok. Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan mengatakan jumlah perokok di Indonesia saat ini mencapai 90 juta jiwa pada tahun 2016 dan Indonesia menjadi peringkat pertama jumlah perokok di dunia.


IMG20170710182157.jpg


Bagi anda rokok pemula atau mau merencanakan merokok, sebaiknya di urungkan niatnya. Karena rokok tidak bagus untuk kesehatan, malah membuat kesehatan anda semakin lama semakin memburuk.

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!