Sejarah Hari Ini 10 Januari, Tritura Dicetuskan

in hive-152587 •  2 months ago 

5994370_20140110052148.jpg


Source

54 tahun yang lalu, Persatuan Aksi yang tergabung dalam front pancasila, mencetuskan Tritura. Berikut informasi selengkapnya.

10 Januari 1966, Tri Tuntutan Rakyat, atau Tritura, diserukan Mahasiswa yang tergabung dalam front pancasila kepada Pemerintah.

Tritura berisi pembubaran PKI, beserta ormas-ormasnya. Perombakan kabinet Dwikora, serta turunkan harga sembako.

Tuntutan ini datang karena kondisi ekonomi, maupun politik yang semakin sulit, dan ketidakpercayaan masyarakat kepada Pemerintah.

Rentetan demontrasi yang menyuarakan Tritura pun akhirnya mempelopori keluar Presiden Soekarno yang memerintahkan panglima Angkatan Darat, untuk memulihkan keamanan.

Kalau misalkan mengingat dari kejadian ini, memang pada saat itu persatuan dari Mahasiswa Indonesia, atau KAMMI, begitu ya. Memang menyuarakan hal ini dan kalau d pikir-pikir suara rakyat itu kuat sekali ya ? People power.

Dari tahun ke tahun, dari era ke era, dari negara ke negara, semuanya ini pasti bisa menggerakkan sesuatu. Dan salah satunya lagi adalah pada saat itu aksi Tritura itu dimulai oleh aksinya Kolonel Sarwo Edi Wibowo, beserta staf yang memimpin ya gerakan pada saat itu, sehingga dikeluarkannya surat perintah 11 Maret.

Disarikan dari Wikipedia

By @midiagam

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Beware this is a fake account of @saifmmc , @ana07

Provokator paleh