Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan

in hive-152587 •  2 months ago  (edited)

mint-4904876_1280.webp


Pixabay Image Source

Daun mint memang sudah sangat identik dengan minum-minuman segar. Tanaman yang memiliki nama latin mintasapakata ini telah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit sejak dahulu. Daun yang satu ini merupakan salah satu tanaman herbal yang populer dan berkembang di semua negara.

Well, selain dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap pada makanan dan minuman, daun mint ternyata memiliki kandungan yang berkhasiat bagi tubuh. Lantas, apa saya kelebihan daun mint, jika kita berbicara tentang kesehatan ?



manfaat-daun-mint.jpg
Sumber Gambar

Salah satu manfaat daun mint adalah bisa meredakan nyeri otot. Karena kandungan zat anti spasmodik dalam daun mint sangat berguna untuk mengobati nyeri otot. Zat yang satu ini memiliki efek anestesi bagi tubuh, khususnya otot dan persendian.

Manfaat kedua daun mint adalah untuk menjaga daya tahan tubuh.

Daun mint ternyata mengandung vitamin yang sangat luar biasa bagi daya tahan tubuh. Seperti vitamin C, vitamin B-Kompleks, hingga fosfor juga ada di dalam daun yang satu ini.


7-manfaat-daun-mint-bagi-kesehatan-yang-wajib-kita-tahu-190826z.jpg
Sumber Gambar

Daun yang termasuk dalam genus meta ini banyak tumbuh dikawasan yang beriklim rendah, seperti Asia, Eropa, hingga Amerika Utara. Meskipun bukan tanaman asli Indonesia, namun sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan daun mint sudah banyak dibudidayakan di daerah kita, khususnya di daerah yang beriklim sejuk.

Tanaman daun mint termasuk kelompok tanaman yang merambat ke samping, layaknya tanaman stroberi. Tanaman ini tergolong tanaman semak, karena tingginya hanya mencapai satu jengkal.

Tanaman yang telah berusia tiga bulan setelah ditanam, umumnya mulai merebak ke tanah dan semakin luas. Maka dari itu perawatan tanaman ini sangat perlu diperhatikan. Lahan tanam yang sesuai untuk daun mint adalah lahan yang memiliki curah hujan sedang. Semakin tinggi daerahnya, daun mint akan semakin cepat tumbuh berkembang.

Daun yang sudah siap panen adalah daun mint yang sudah berusia dua minggu semenjak pupus.

Daun mint sudah mulai mengeluarkan aroma wangi mint yang menyegarkan di usia ini. Jika menthol yang dikandungnya

Well, sepertinya tak perlu bingung, jika kita ingin mengkonsumsi daun mint. Saat ini daun mint sangat mudah dijumpai diberbagai supermarket, dengan kebersihan dan kesegaran yang terjamin.

Pastikan anda memilih daun mint yang masih segar.

Kita juga bisa memanfaatkan daun mint sebagai bahan pelengkap minuman segar. Sangat cocok untuk menyegarkan badan seperti cuaca panas saat ini.

Best Regards

@fackrurrazi

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!