Rahasia Hidup Si Petualang Cinta yang juga Pernah Patah Hati |

in hive-105209 •  last month 



Oleh @ayijufridar
MENDENGAR kata Casanova, yang terbayang dalam pikiran banyak orang adalah seorang lelaki petualang cinta. Casanova memang identik dengan playboy yang membuat banyak perempuan bertekuk lutut. Sedemikian melekat nama Casanova sehingga ditabalkan bagi setiap lelaki yang punya banyak kekasih.

Anggapan itu memang tidak sepenuhnya keliru karena faktanya memang demikian. Giacomo Girolamo Casanova atau lebih dikenal sebagai Casanova saja, memiliki sejarah petualangan cinta yang sarat dengan skandal dan pengkhianatan. Ia menjalin asmara dengan perempuan dari berbagai kalangan, mulai dari pelacur hingga sebagian besar perempuan bangsawan. Mulai dari gadis belia hingga istri orang. Banyak perempuan jatuh hati padanya, dan lalu menderita setelah menjadi milik lelaki itu.

Catatan Casanova

Ratusan tahun setelah zamannya, Casanova tetap dikenal di berbagai pelosok dunia. Padahal, tidak semua memahami kisah perjalanan cinta Casanova. Lalu, apa yang membuat kisah tersebut menjadi ‘abadi’?

Jawaban itu tampaknya ada dalam catatan yang ditulis Casanova sendiri. Pesan itu disampaikan nenek moyangnya; Kalau kau tidak dapat melakukan sesuatu yang berharga untuk dicatat, setidaknya tulislah sesuatu yang berharga untuk dibaca (hal 24). Casanova mencatat perjalanan hidupnya dari satu perempuan ke perempun lain. Dengan cara demikianlah ia membuat kisah petualangannya terus dikenang, hingga kini. Tanpa catatan itu, Casanova hanya dikenal orang pada zamannya untuk kemudian dilupakan oleh generasi setelah itu.

Casanova lahir di Venesia pada 2 April 1725. Dia merupakan anak sulung dari enam bersaudara. Adik-adiknya adalah Giovanni (1730 – 1795), Faustina Maddalena (1731 – 1736), Maria Antonia Stella (1732 – 1800), Gaetano Alvise (1734 – 1783), dan Francesco (1737 – 1803). Semua nama yang penuh dengan aroma Italia.

Casanova lahir dari seorang perempuan yang sibuk melakukan tur bersama kelompok teaternya. Kondisi ini membuat Casanova kecil dirawat oleh neneknya, Marzia Baldissera. Sementara ayahnya meninggal ketika Casanova berusia delapan tahun.
Kontak seksual pertama denganperempuan terjadi ketika Casanova berusia 11 tahun. Ketika itu, ia tinggal di rumah Abbe Gozzi, seorang pendeta. Adik perempuan Gozzi, Bettina Gozzi, adalah orang pertama yang mencumbui Casanova. Berpuluh tahun kemudian, perempuan yang usianya jauh di atas Casanova itu meninggal dalam pelukan Casanova.

Bila Bettina Gozzi orang yang pertama mencumbui Casanova, maka Alvise Gasparo Malipiero (76) adalah orang yang membawa Casanova ke dalam kehidupan kelas atas dan mengajarinya bagaimana menjalani kehidupan ala bangsawan. Malipiero adalah seorang senator di Venesia yang mengagumi kecerdasan Casanova. Namun, kendati berjasa bagi anak muda itu, Malipiero adalah orang pertama yang dikhianati Casanova. Alih-alih membalas jasa Malipiero, Casanova malah bermain cinta dengan perempuan yang dicintai Malipiero, aktris Teresa Imer yang jelita. Sang senator mengusir keduanya dari rumahnya.

Kendati demikian, Casanova mengaku skandal pertamanya bermula dari hubungan seksual dengan kakak beradik Nanette (16) dan Maria Marton Savorgnan. Sayangnya, dalam buku Pengakuan Casanova yang diterbitkan Serambi ini, tidak dipaparkan percintaan Casanova dengan kakak beradik tersebut.

Setelah kejadian tersebut, Casanova mulai berpetualang dari satu perempuan ke perempuan lain. Ia hidup di berbagai kota maju di hampir seluruh negara Eropa. Di setiap kota yang disinggahinya, selalu ada perempuan yang jatuh hati, selalu ada skandal yang terjalin dengan melibatkan perempuan dari berbagai kalangan.




Playboy pun patah hati

Tidak selamanya Casanova berhasil menaklukkan perempuan. Ia juga mengalami patah hati, bahkan lebih dari satu kali. Dalam perjalanan minggat ke Parma saat berumur 23 tahun, ia menjadi penerjemah bagi pasangan unik; seorang kapten berkebangsaan Hongaria yang sudah tua dan seorang opsir muda cantik berkebangsaan Prancis. Pasangan yang serupa ayah dan anak itu tidak menguasai bahasa masing-masing. Kondisi itulah yang kemudian membuat Casanova mengambil peran penting dalam menjembatani hubungan suami istri tersebut. Casanova jatuh hati kepada Henriette, perempuan muda tapi misterius tersebut. Dengan gaya elegan sekaligus nekat, Casanova mengungkapkan keinginannya menjadi kekasih bagi Henriette. Hal itu disampaikan kepada suami istri tersebut karena melihat tidak ada kemungkinan mereka melanjutkan pernikahan. Hasilnya, Casanova berhasil mendapatkan Henriette dan hidup bersama di Parma.

Inilah kisah cinta paling dalam yang pernah dirasakan Casanova. Hanya tiga bulan usia hubungan mereka. Segala kemewahan dan cumbu rayu yang diberikan Casanova, tidak berhasil menahan Henriette lebih lama. Perempuan itu harus kembali ke keluarganya di Prancis dan meninggalkan Casanova yang patah hati. Kisah ini sudah difilmkan pada 2005 dengan actor Davis Tennant sebagai Casanova dan Laura Fraser sebagai Henriette. Sederet film lain juga sudah diproduksi dan menggambarkan petualangan Casanova dari berbagai sisi.

Patah hati lainnya dialami Casanova saat berada di Wina. Dia jatuh hati kepada seorang ballerina dari Milan. Namun, penari balet tersebut menolak cintanya karena ia jatuh cinta kepada seorang penari lainnya bernama Angliolini (hal 149).

Tak salah bila banyak orang bertanya rahasia kesuksesan Casanova dalam menggaet wanita. Lelaki itu tidak bisa mengandalkan kegantengan karena sesungguhnya, dia tidak ganteng-ganten amat. Hal itu diakuinya sendiri dan lukisan wajah yang terdapat dalam buku ini membuktikannya. Dengan postur 175 cm, Casanova terlihat pendek untuk ukuran orang Eropa dan berkulit agak gelap. Secara fisik, ia memang tidak terlalu menarik.

Modal menjadi playboy

Namun, Casanova adalah lelaki yang cerdas. Dia punya segudang bakat yang membuatnya mempunyai banyak profesi. Meski dikenal sebagai penakluk perempuan, sesungguhnya Casanova adalah seorang (memang) seorang bajingan, penulis, penyair, penerjemah, pemikir, petualang, penjudi, pemusik, pebisnis, paranormal, penipu, bahkan seorang mata-mata. Begitu banyak profesi yang dijalaninya. Dari kisahnya ini, terlihat dua hal yang menjadi andalan Casanova dalam menjerat perempuan adalah kemurahan hati dan kecakapan komunikasi. Casanova menjejali kemewahan kepada perempuan yang ditaksirnya, dan hal itu ditunjang oleh kecapakannya dalam memuji serta kasih sayangnya yang melimpah. Inilah salah satu sisi positif yang bisa dipetik dari Casanova. Bagaimana pun, kecakapan komunikasi adalah salah satu aspek penting menuju sukses bagi manusia moderen.

Meskipun memburu kenikmatan indrawi menjadi tujuan hidupnya, tetapi Casanova sangat bergantung kepada Tuhan. Dia percaya akan adanya kekuatan lain yang mengatur hidupnya. Dia percaya nasib baik yang diterimanya merupakan anugerah Tuhan yang masih menyayanginya.

Para pembaca akan kecewa jika berharap akan mendapatkan petunjuk praktis merayu wanita dalam buku ini. Casanova bukan hendak berbagi ilmu merayu perempuan melalui catatannya ini. Bahkan dalam beberapa bab, dia hanya mengisahkan suasana di Eropa pada masa itu. Dia hanya ingin menulis tentang dirinya sendiri, apa yang dilihat, dan dirasakannya.

Pun demikian, buku ini berbeda dengan memoar kebanyakan. Casanova menyampaikannya dengan apik, penuh percakapan dengan para tokoh di sekitarnya, sehingga tak ubahnya seperti membaca prosa. Pembaca akan berada sangat dekat dengan tokoh dan suasana pada masa itu, terutama dengan Casanova – tentu saja.[]



Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  
  ·  last month (edited)

sesungguhnya Casanova adalah seorang (memang) seorang bajingan, penulis, penyair, penerjemah, pemikir, petualang, penjudi, pemusik, pebisnis, paranormal, penipu, bahkan seorang mata-mata. Begitu banyak profesi yang dijalaninya.

Mantap that nyan,

memang ciri khas pria sejati harus lage nyan, tapi tetap na sisi positif. Sang bereh kisah jih nyoe ji angkat keu layar lebar

Kaleuh difilmkan nyan.

Pemeran
Heath Ledger seabagai Giacomo Casanova
Sienna Miller sebagai Francesca Bruni
Jeremy Irons sebagai Pucci
Oliver Platt sebagai Paprizzio
Lena Olin sebagai Andrea Bruni, Ibu Francesca
Omid Djalili sebagai Lupo Salvatore
Stephen Greif sebagai Donato
Ken Stott sebagai Dalfonso
Tim McInnerny sebagai Francesco Loredan, Doge Venesia
Helen McCrory sebagai ibu Casanova
Charlie Cox sebagai Giovanni Bruni
Natalie Dormer sebagai Victoria
Philip Davis sebagai Guardi
Lauren Cohan sebagai Sister Beatrice
Eugene Simon sebagai Casanova umur 11

Payah long seutet bak youtube film jih, mangat that ta nonton suasana leupi genyoe 😁

Sang kana di YouTUbe:

Harus na 😂

Seksual itu seperti virus yaaak

Benar sekali, Bunda @ranesa70, virus yang menggairahkan dan membuat waktu seakan tiada.

wkwkwkkkk.....