Mengoleksi Cryptocurrency untuk Tabungan Masa Pensiun |steemCreated with Sketch.

in hive-105209 •  last month 

ButabDollar.jpg


Di usia muda, pernahkah sahabat #SteemLitercy berpikir tentang pensiun? Kalau pernah bahkan kalau sering, seperti apa bayangan tentang pensiun itu? Apakah sebuah situasi yang menakutkan karena tidak bisa membayangkan gambarannya seperti apa, atau situasi yang menyenangkan karena sudah mempersiapkan diri sejak dari sekarang?
Atau malah tak pernah berpikir tentang pensiun sama sekali?

Generasi milenial sekarang memang berbeda orientasi dengan zaman dulu. Pensiun dini menjadi biasa bagi generasi sekarang. Mereka tidak ingin berlama-lama bekerja dan umumnya tidak suka bekerja di kantoran atau menjadi karyawan. Mereka lebih senang membangun perusahaan rintisan (start up), tanpa modal besar, tetapi mengandalkan kecanggihan teknologi, salah satunya blockchain.

Situasi di masa mendatang memang tidak mudah ditebak. Jadi, wajar saja kalau harus mempersiapkan diri sejak awal. Berbagai rujukan menyarankan agar generasi muda harus menguasai teknologi. Kemudian, pentingnya memiliki investasi yang bernilai di masa mendatang. Bisa dilihat beberapa bidang yang masih tetap bernilai ekonomis pada 10 sampai 30 tahun mendatang. Beberapa jenis pekerjaan akan hilang di masa mendatang karena digantikan teknologi.

Menghadapi situasi yang serba tidak mungkin, perang ekonomi yang kian nyata, kondisi geopolitik yang tidak stabil, penting juga memiliki asuransi untuk membagi risiko. Tabungan yang disimpan, harus mempertimbangkan nilai inflasi ke depan yang semakin tinggi, apa pun bentuk mata uang yang disimpan. Hanya cryptocurrency yang sejauh ini tidak tergerus inflasi, tetapi langsung mati ketika tidak ada yang minati lagi.

Baiknya memang memiliki aset dalam bentuk cryptocurrency, terutama 10 jenis mata uang kripto yang paling liquid saat ini dan prospektif. Meskipun tidak banyak, minimal ada stok untuk menjaga berbagai kemungkinan. Menabung dan berinvestasi dalam bentuk cryptocurrency merupakan salah satu jalan mempersiapkan diri menghadapi pensiun dini. Ketika aset bertambah 10 atau 20 tahun mendatang, sahabat Steemians sudah bisa hidup dengan kebebasan finansial.

Saya sendiri mengoleksi beberapa jenis cryptocurrency yang semula direncanakan untuk masa pensiun. Namun, ketika crypto tersebut memberikan profit 100 persen, langsung saya jual semuanya. Semula saya pikir, bisa membeli lagi nanti ketika harga turun. Masalahnya, ketika turun belum tentu kita punya uang.

Akhirnya, hanya ada satu jenis cryptocurrency yang masih saya koleksi dan belum pernah saya lepas meski sudah memberi profit, yakni Shiba Inu. Koin yang diluncurkan pada Agustus 2020 lalu itu, belum saya jual meski sudah memberikan keuntungan. Saya bermimpi, Shiba Inu yang diproduksi terbatas itu bisa memberikan keuntungan jutaan kali lipat di masa depan. Kita lihat saja.[]


Dolar.jpg

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Bereh that nyan untuk investasi masa depan. Tapi nyoe long bak posisi droneuh, asai na laba bacut, long peu lewat jue 😂

Kita harus berani dan kuat menderita untuk menunda laba kalau ke depan bisa mendapatkan yang lebih besar @midiagam. Nyan prinsip dalam bisnis dan dalam udep.

Itulah masalahnya, saya orangnya tidak sabaran dan terburu-buru dalam segala hal.

wartawan pane peng sion. journalist never die

Aleh pajan na dollar US lom lage jameun....