Benarkah itu Siluet Gunung Gede Pangrango?

in hive-105209 •  last month 

Pangrango_02.jpg
Puncak Gunung Gede Pangrango yang terlihat samar dari Jakarta.


Di tengah polusi yang mendera, di manakah kita bisa melihat siluet gunung saat berada di Jakarta, ibu kota Indonesia. Puncak gedung saja terlihat samar karena tertutup asap kendaraan yang setiap saat memacetkan ruas jalan di Jakarta. Masih adakah ruang bagi udara segar? Masih adakah titik di mana kita bisa melihat bayangan gunung di kejauhan?

Kalau masih ada titik itu di Jakarta dan bisa menikmatinya sambil menyesap kopi pagi, tentu harus bersyukur sebab tidak semua orang bisa menikmati pemandangan serupa itu. Saya termasuk beruntung berada di tempat strategis itu di Lantai 26 Apartemen Taman Rasuna.

Untuk itu, saya harus berterima kasih kepada Haji Nazaruddin Ibrahim, mentor saya dalam berbagai bidang, yang sudah mengundang saya menginap di apartemen miliknya, beberapa waktu lalu ketika saya di Jakarta.

Tidak ingin membuang kesempatan, saya bangun lebih awal meski tidur sampai larut malam. Sambil menikmati cappucino, pandangan saya lempar jauh ke barat, melihat gunung Pangrango yang masih terselimuti kabut.

“Kalau sudah siang, puncak Pangrango tidak terlihat lagi karena tertutup asap. Kita bersyukur bisa menikmatinya,” kata Pak Haji, panggilan akrab Nazaruddin Ibrahim yang bekerja sebagai pengacara di Jakarta. Saya sangat sependapat.

Puncak Pangrango tetap terlihat anggun meski hanya berupa siluet tipis dari Jakarta. Dengan ketinggian 3.019 dari permukaan laut, Pangrango menjadi gunung kedua tertinggi di Jawa Barat, setelah gunung Ceremai. Terletak bersebelahan dengan gunung Gede yang tentu saja tidak terlihat di menara Taman Rasuna di Kuningan, Jakarta.

Bahkan puncak tertinggi Pangrango, Puncak Mandalawangi, terlihat sekejap ketika matahari masih bersinar dengan hangat. Ketika matahari mulai naik, puncak Pangrango pun lenyap dari pandangan, ditelan kabut asap yang tebal di langit Jakarta.

Kopi yang hangat dan harum, Pangrango yang anggun, menjadi kombinasi langka di tengah belantara gedung Jakarta. Bahkan ketika uang menipis di rekening, kita harus bersyukur untuk keanggunan puncak Pangrango dari Jakarta.

Tapi benarkah itu puncak Pangrango di Jawa Barat? Saya mencari informasi puncak gunung Gede Pangrango di sejumlah situs berita terpercaya. Ternyata, ketika udara Jakarta sedang bersih, puncak Pangrango bisa terlihat dengan jelas. Pada Februari 2021 lalu, ketika pembatasan sosial besar-besaran dilakukan, gunung Gede Pangrango terlihat jelas. Informasi itu bisa dilihat di berita Detikcom atau di Kompas.com.

Sayangnya, tidak selamanya warga Jakarta bisa menikmati puncak Pangrango karena polusi yang tinggi. Jadi, bersyukurlah kita yang masih bisa menghirup udara segar.[]


Pangrango_05.jpg
Dari sini puncak Pangrango terlihat di pagi hari.

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Saya phobia dengan ketinggian, foto ini membuat saya sport jantung, teu ot-teu ot meugrok -grok 😱

jangan phobia ketinggian @midiagam. bagaimana nanti kalau naik haji ke Baitullah?

Hehe, iya juga ya 😂

Panorama kota yang terlihat indah dengan sport nya yang sangat bagus bang, kahawa long kali Nyoe beu meuase menginjak kaki di dilokasi, Pue ka stay di jkt jinoe pak @ayijufridar

Hana. Hanya untuk dua atau tiga hari saja di Jakarta @emirzafirdaus, ketika mengikuti pelatihan. Sekarang sudah balik ke wilayah Pase kembali.

Iya pak @ayijufridar, kalau ada ke Kuta Rajha kabarin pak, biar kita ngopi sambil silaturahmi sekali mau diskusi sama bang @ayijufridar seputaran dunia penulisan dan steemit