The Diary Game || 22 Maret 2021 || Menjalani Pekerjaan Baru

in hive-103393 •  2 months ago 

IMG_20210322_111209.jpg
Mencampur semen dengan pasir untuk merahap
kolam untuk nopi udang vaname


Setelah lama fakum dari kontes diary game, dengan alasan karena tidak kegiatan menarik yang saya lakukan belakangan. Malam ini saya kembali hadir meramaikan kontes diary yang diadakan oleh tim Steemitblog.

Hari ini saya bangun lebih awal, kurang lebih jam 4:20 WIB. Sudah tiga hari ini saya harus bangun cepat, karena saat ini saya sudah beralih profesi, dari merakit tas, menjadi pekerja di proyek udang vanamei. Ini keputusan yang berat bagi saya meninggalkan pekerjaan yang sudah saya geluti selama 20 tahun. Dan sekarang saya mencoba keberuntungan dengan bekerja di proyek pembibitan udang vanamei.

IMG_20210322_082414.jpg
Kolam perkembangan nopi udang vanamei

Setelah selesai sholat subuh, saya langsung bergerak keluar untuk membuat plankton untuk umpan nopi udang vanamei. Mungkin ada yang penasaran apa itu nopi. Jadi nopi itu adalah anak udang vanamei yang masih sangat kecil, seukuran bakteri. Sedangkan plankton adalah makanan untuk nopi yang berbentuk sel.

IMG_20210322_084811.jpg



IMG_20210322_084818.jpg
plankton yang sudah disaring dan menjadi sel untuk pakan nopi

Saya harus mencuci plankton sebanyak 4 kali, ini karena ada empat kolam bak udang vaname yang saya rawat. Bak untuk mencuci plankton berada di luar, jadi saya harus keluar masuk untuk melakukan pekerjaan tersebut. Dalam tahap mencuci plankton, ini butuh kesabaran. Ini karena sel yang terkandung dalam plankton harus disaring sampai kainnya ini penuh, contohnya seperti ini.

IMG_20210322_082410.jpg
proses mencuci plankton untuk menghasilkan sel pakan nopi

Setelah selesai memberi pakan udang, saya pulang untuk makan siang dan selanjutnya menunaikan sholat zuhur. Setelah itu saya kembali lagi bekerja hingga tiba waktu sore.

Pekerjaan ini saya teruskan sampai malam. Usai sholat magrib, saya mengecek nopi yang akan menjadi mesis. Setelah memasuki hari ke enam, nopi ini sudah masuk PL, dan bentuknya sudah
berubah menjadi udang. Ini ukurannya sebesar ujung mata jarum. Kita membutuhkan senter untuk dapat melihat wujudnya. Tapi kalau siang hari itu bisa kita lihat dengan menerawang ke arah cahaya matahari.

Jam 11:36, saya masuk ke gubuk untuk beristirahat, karena semua tugas sudah selesai dikerjakan.

Demikian cerita diary saya, lain waktu disambung lagi. Terimakasih kepada:

@steemcurator1, dan juga @steemitblog, yang telah mengadakan kontes luar biasa ini.

Sukses untuk kita semua.

Best Regards

@fackrurrazi

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!