The Diary Game Season 3 (Better life): Sebuah Nostalgia di Hari Guru Nasional

in hive-103393 •  2 months ago 

@akukamaruzzaman_edit_canva.jpg

Hari ini setelah mengantarkan anak saya ke sekolah saya tidak lansung pulang ke rumah, tetapi singgah di sebuah warung kopi yang tidak jauh dari sekolahnya. Selesai memesan secangkir kopi, saya lansung membuka layar ponsel untuk melihat-lihat facebook. Yang pertama kali terlihat adalah, banyak sekali ucapan "Selamat Hari Guru" di beranda. Yah, ternyata hari ini memang Hari Guru Nasional.

Tiba-tiba pikiran saya melayang, terkenang nostalgia masa-masa dulu ketika saya masih sekolah di SMP I Bandar Baru, Pidie Jaya. Saat itu saya masih duduk di kelas satu. Sebuah kisah yang sampai saat ini masih terngiang-ngiang dalam memorial saya.

Jam pertama pagi itu adalah jadwalnya Pak Umar 'Belanda Tuha'. Julukan 'Belanda Tuha' bukan karena beliau seorang peranakan Eropa, tetapi karena rambutnya yang full uban sehingga penampilannya lebih mirip seorang 'Meneer' Belanda.

IMG_20201125_171405.jpg

Pak Umar mengampu mata pelajaran Bahasa 'Chew-'Chew, begitu kami mengistilahkan Bahasa Inggris pada saat itu.

Sebelum pelajaran dimulai, Pak Umar memerintahkan kami untuk mengumpulkan tugas PR minggu sebelumnya di atas mejanya. Dari tiga puluhan siswa di kelas I.2, hanya sembilan orang yang tidak mengumpulkan PR, dan saya termasuk di antara sembilan orang itu.

"You, orang-orang berdosa semuanya ke depan!" Perintahnya kepada sembilan 'pendosa'. Kemudian beliau melanjutkan lagi khutbahnya, "tidak membuat tugas PR yang diberikan oleh guru, itu sama dengan tidak amanah, tidak amanah itu berarti dosa. Orang berdosa itu harus segera bertobat. Sekarang semua tengadahkan tangan kalian, masing-masing baca surat al-Fatihah dan niatkan dalam hati, mohon ampun sama Allah. Baca yang khusyu sambil pejamkan mata."

Kami, sembilan 'pendosa' mendengarnya sambil saling menatap satu sama lain. Wajah-wajah yang sebelumnya tegang, perlahan berubah menjadi lebih rileks dengan sedikit senyum tersimpul di wajah kami, para 'pendosa'. Lega, karena hanya dihukum bertobat, tidak didera pakai rol.

Dengan kompak, kami, sembilan 'pendosa' menengadahkan tangan ke atas, membaca al-Fatihah keras-keras dengan mata terpejam supaya terlihat khusyu.

Ketika sampai pada, "Aaaaaaamin", tiba-tiba, "plak..plak..plak" terdengar suara rol menepuk sesuatu. Saat hendak membuka mata, tepukan rol itu telah mendarat di telapak tangan saya. Ternyata kami para 'pendosa' tak hanya dihukum bertobat, tapi juga dihukum dera pakai rol.

Itu adalah pagi yang sial, dan semakin sial karena hari itu adalah hari terakhir Hanisah sekolah, kawan kami, jawara kelas sekaligus primadona di kelas, pamit kepada kami semua karena dia rupanya telah dijodoh-kawinkan oleh ibunya dengan seorang pria tajir sebelum sempat naik kelas II SMP.

Al-Fatihah untuk Pak Umar, dan semoga anak-anak temanku Hanisah dapat memperoleh pendidikan yang jauh lebih baik dari Ibunya.

Selamat Hari Guru Nasional!

Lhokseumawe, 25 November 2020.

@akukamaruzzaman

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  
  ·  2 months ago (edited)

Daer brother @akukamaruzzaman selamat datang di the diary game.👍

Terimakasih atas sambutan hangatnya Bang @nazarul. Iya nih baru mulai ikut meramaikan #SteemSea dan baru belajar nulis :D

Kita sama-sama belajar 😁.
Jangan lupa saling berkunjung di postingan teman-teman kanda.

Happy good day 😀👍

@nazarul Siyap! 😁

Ternyata fotografer profesional juga ahli menulis. Jika menulis diary kegiatan seharian dari pagi sampai malam pasti sangat menarik dan berpeluang mendapatkan kurasi dari @steemcurator08. Ohya jika disetting rewards postingan ke 100% Powerup juga akan ada kesempatan mendapatkan kurasi tambahan dari @steemcurator02.

#onepercent #indonesia #affable

@radjasalman Ah, gak juga Cek Gu. Masih sebatas fotografer amatiran dan masih belajar nulis. 😁

Jika menulis diary kegiatan seharian dari pagi sampai malam pasti sangat menarik dan berpeluang mendapatkan kurasi dari @steemcurator08. Ohya jika disetting rewards postingan ke 100% Powerup juga akan ada kesempatan mendapatkan kurasi tambahan dari @steemcurator02

Siyap! Ke depan akan saya perbaiki kontennya. Terimakasih banyak atas saran berharganya. Salam 😀

Selamat hari guru juga bang @akukamaruzzaman 😄

Salam @nm007. Selamat Hari Guru, terimakasih sudah singgah di postingan saya 😄

Hehe.. Salam kembali bang dan terimakasih kembali, akhirnya kita bertemu juga platform ini 😄

Jak 'puep daih, gata lagoe Nailul..haha. Lon pike bunoe aneuk muda lam pilom 007, khekhe

Tragis sekali kisahnya Hanisah.😀😀
Selamat datang di the Diary Game Season 3 @akukamaruzzaman. Semoga anda konsisten dalam berbagi kisah anda.

Postingan ini telah dihargai oleh akun kurasi @steemcurator08 dengan dukungan dari Proyek Kurasi Komunitas Steem.

Selalu ikuti @steemitblog untuk mendapatkan info terbaru.

Salam @ernaerningsih.